Mengenal jenis-jenis Mie


Mie merupakan jenis makanan yang paling populer di Asia khususnya Asia Timur dan Asia Tenggara. Mie, dilihat dari bahan dasarnya, dapat dibuat dari berbagai macam tepung, yaitu tepung terigu, tepung tang mien, tepung beras, tepung kanji, dan tepung kacang hijau. Tepung terigu paling banyak digunakan khususnya untuk membuat mie instan dan mie basah yang sudah banyak dikembangkan dan dikonsumsi masyarakat Indonesia, mulai dari masyarakat golongan ekonomi bawah, menengah, hingga atas. Mie tidak hanya cocok bagi lidah masyarakat Indonesia dan memiliki nilai gizi yang baik, tetapi juga penyajiannya praktis. Mie dipasarkan dalam bentuk kering dan basah.

Mie dapat dikelompokkan ke dalam jenis:

Cellophane noodles


 
 Cellophane noodles,
Cellophane noodles, dikenal dengan sebutan soun. Soun dibuat dari campuran tepung kentang dan tepung kacang hijau. Mie jenis ini teksturnya sangat lunak, cocok untuk olahan sup, soun goreng atau untuk isi pastel. Soun dijual dalam bentuk kering, penggunaannya memerlukan perendaman terlebih dahulu di dalam air panas sampai lembut untuk siap diolah menjadi berbagai macam masakan.


Mie telur, 
mie ini terbuat dari tepung terigu jenis hard wheat dan diperkaya dengan telur. Mie telur biasanya dijual dalam kondisi kering dengan bentuk bulat maupun pipih.
  Hokkien Noodles,
 Hokkien Noodles, sering disebut dengan mie hong kong. Bentuknya menyerupai mie telur bulat dan halus. Biasanya dijual dalam kondisi basah dalam kemasan kedap udara. Mie ini sangat cocok untuk dibuat mie goreng atau mie rebus.  
 Ramen,
 Ramen, dikenal dengan sebutan mie keriting cina. Ramen dijual dalam kondisi kering dalam kemasan mie instan, sangat cocok diolah sebagai mie goreng atau mie kuah.
Rice stick noodles, 
 Rice stick noodles, di Indonesia lebih populer dengan sebutan kwetiau. Mie ini dibuat dari tepung beras dan air, di pasaran dapat kita jumpai dalam bentuk kering dan basah. Kwetiau sangat cocok untuk dibuat kwetiau goreng maupun kuah.
Soba noodles, 

yang terkenal dengan sebutan mie Jepang ini, bentuknya hampir sama seperti mie somen. Mie ini berwarna hijau tua karena mengandung sari teh hijau. Soba noodles biasanya dijual dalam bentuk kering. Sangat cocok jika digunakan untuk hidangan mie kuah.
Rice Vermicelli,

 mie ini sangat populer di Indonesia, kebanyakan orang mengenalnya sebagai bihun. Bihun terbuat dari tepung beras, warnanya putih bersih, dan teksturnya sangat lembut. Mie ini sangat mudah matang, jadi tidak perlu direbus, direndam dalam air panas sudah cukup. Biasanya dijual dalam bentuk kering dalam kemasan plastik. Cocok digunakan sebagai isi sup dan bihun goreng. 
 Mie shoa, 
Mie shoa, mie asal Cina. Mie shoa ferbuat dari tepung beras, berwarna putih terang dan sangat mudah matang, dapat digunakan langsung di dalam masakan seperti sup atau sebagai snack seperti misoa goreng. cari tau juga mengenai 10 manfaat buah mengkudu yang luar biasa
 
Baca Juga:
 

4 Responses to "Mengenal jenis-jenis Mie"