Manfaat buah anggur

Manfaat buah anggur
Gambar: Manfaat buah anggur
 
manfaat buah anggur - buah Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung. Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Aktivitas ini juga terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.
 
Kandungan Gizi yang terdapat pada buah anggur
 
Buah Anggur bisa dikelompokkan pada jenis tanaman obat, penggolongan ini didasari karna buah angur kaya akan unsure-unsur yang sangat berguna bagi tubuh kita. Dalam tanaman buah angur memiliki senyawa polifenol serta senyawa resveratol. Kedua senyawa tersebut ikut serta, dan sangat berperan pada system kegiatan metabolism. daftar manfaat buah anggur:
  1. Memutihkan gigi. Buah anggur yang sudah matang dapat dijadikan sebagai salah satu menu kudapan bagi Anda yang ingin memutihkan gigi. Asam malat yang terdapat di dalam buah anggur, secara alami akan menghapus noda pada gigi, serta mengatasi perubahan warna pada gigi.
  2. Menghilangkan Migran. Jus anggur dikenal sebagai obat rumahan yang mampu membantu menyembuhkan migran. Jika Anda termasuk dalam penderita migran kronis, maka Anda patut mencoba obat alami ini. Caranya dengan membuat jus anggur murni tanpa air dan diminum setiap pagi hari.
  3. Menyembuhkan Sembelit. Kandungan gizi dari buah anggur sangatlah penting untuk menyembuhkan sembelit. Karena anggur mengandung asam organik, selulosa dan gula yang membantu Anda mengatasi masalah sembelit. 
  4. Anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat baik bagi penderita asma karena dapat mengurangi masalah sesak nafas.
  5. Antibakteri Anggur merah memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi.
  6. Menurunkan resiko penyakit jantung. Mengkonsumsi buah anggur secara rutin dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Meningkatnya kadar oksida nitrat dalam tubuh, dapat mencegah pembekuan darah serta menurunkan resiko penyakit jantung. Kandungan antioksidan anggur juga bisa menghentikan oksidasi kolesterol LDL yg dapat menghambat pembuluh darah.
  7. Menghilangkan gangguan pada pencernaan tubuh dan ginjal. Mengkonsumsi buah anggur sangat baik untuk melindungi tubuh dari gangguan pencernaan. Anggur juga baik untuk menghilangkan asam pada ginjal. Sehingga kesehatan ginjal dapat terjaga.
  8. Sebuah penelitian di Italia menunjukkan bahwa pada anggur terdapat melatonin, suatu hormon yang bisa membantu mengatur jam biologis tidur manusia. Dengan begitu para penderita insomnia boleh berharap dengan mengonsumsi anggur bisa mengatasi masalah tidurnya. 
  9. Mengatasi Hipertensi. Kandungan kalium dan melatonin pada anggur bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, sementara kandungan seratnya mampu membersihkan pembuluh-pembuluh darah dari lemak.
  10. Gangguan ginjal. Anggur dapat membantu menyingkirkan asam pada ginjal. Hal ini berarti mengurangi gangguan pada tekanan ginjal.
  11. Anti-Aterosklerosis . JIka didasarkan pada hasil penelitian yang dimuat di dalam Jurnal Fitoterapia di tahun 1995, buah anggur sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil sebab ia bersifat anti-aterosklerosis yang berarti buah yang satu ini bisa menurunkan tekanan darah dengan memicu sirkulasi di dalam tubuh. Umumnya, tekanan darah merupakan hal yang paling ditakuti wanita saat hamil. Oleh karena itu, konsumsi buah anggur dengan benar akan menghilangkan rasa was-was tersebut. Penelitian ini juga sejalan dengan pendapat ahli medis di Cina yang menyarankan buah anggur bagi mereka yang sedang hamil. Studi lainnya bisa ditemukan di dalam Jurnal of Cardiovascular Pharmacology yang dimuat pada tahun 2005. Di dalam jurnal kesehatan tersebut dinyatakan bahwa ekstrak biji buah anggur memiliki sifat mengencerkan darah. Jadi, jika Anda menderita tekanan darah tinggi, konsumsi anggur!
  12. Mencegah Penuaan. Bagi anda yang ingin selalu terlihat awet muda, perbanyaklah untuk mengkonsumsi buah anggur. Alasannya, Buah Anggur mengandung zat antioksidan yang dapat menghaluskan kulit serta membuat kulit terlihat awet muda dan terhindar dari penuaan.
  13.  Anggur memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung berbagai jenis senyawa metabolit sekunder, terutama golongan flavonoid dan antosianin, serta resveratol.Penelitian lain mengungkapkan bahwa senyawa aktif di dalam anggur mampu meningkatkan kerja sel endotelial yang berperan dalam memperlancar aliran darah dalam arteri terkait dengan aktivitasnya terhadap sel-sel otot halus. Melalui mekanisme ini, risiko terkena serangan jantung dapat berkurang. Selain itu, anggur juga mengandung banyak senyawa antioksidan yang daya kerjanya lebih kuat daripada vitamin C dan vitamin E. Di dalam tubuh, senyawa flavonoid anggur dapat meningkatkan produksi lemak baik (HDL) sekaligus menurunkan trigliserida yang beredar di dalam darah.
     
     demikian beberapa manfaat buah anggur untuk kesehatan yang bisa saya bagi. 

5 Responses to "Manfaat buah anggur"

  1. wuih, banyak juga ya manfaat dari buah anggur itu

    ReplyDelete
  2. buset,.. banyak amat ya manfaatya.. tapi sayang, buahnya mahal.. hehe.. masuk buah elite, orang kami jarang2 bisa dapat anggur. :D

    ReplyDelete
  3. Kalau Anggurnya Sudah dikeringkan apakah khasiatnya sama seperti anggur yang masih segar ??

    ReplyDelete