Kandungan dan khasiat madu

Cairan dari lebah yang sering disebut-sebut sebagai cairan ajaib yaitu Madu merupakan sebuah cairan yang memiliki banyak sekali manfaat dan banyak terbukti khasiatnya, terumata untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Madu sendiri memilik banyak rahasia yang terpendam yang belum diketahui seperti bakteri tidak mampu melawan madu. Karena madu melawan pembusukan oleh bakteri dan mempercepat pemulihan luka-luka seperti luka bakar dan borok. Madu sebagai anti luka membantu pembersihan luka. Selain itu madu juga kaya dengan kandungan antioksi dan antioksidan fenolit yang ada dalam madu memiliki daya aktif tinggi, serta bisa meningkatkan perlawanan tubuh terhadap tekanan oksidasi(oxidative stress).

Kandungan dan khasiat madu
Gambar: Kandungan dan khasiat madu
Kandungan madu
Madu adalah campuran dari gula dan senyawa lainnya. Sehubungan dengan karbohidrat, madu terutama fruktosa (sekitar 38,5%) dan glukosa (sekitar 31,0%), sehingga mirip dengan sirup gula sintetis diproduksi terbalik, yang sekitar 48% fruktosa, glukosa 47%, dan sukrosa 5%. Karbohidrat madu yang tersisa termasuk maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Seperti semua pemanis bergizi yang lain, madu sebagian besar mengandung gula dan hanya mengandung sedikit jumlah vitamin atau mineral. Madu juga mengandung sejumlah kecil dari beberapa senyawa dianggap berfungsi sebagai antioksidan, termasuk chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin. Komposisi spesifik dari sejumlah madu tergantung pada bunga yang tersedia untuk lebah yang menghasilkan madu.
  
Karbohidrat madu termasuk tipe sederhana. Rata-rata komposisinya adalah 17,1 persen air; 82,4 persen karbohidrat total; 0,5 persen protein, asam amino, vitamin, dan mineral. Karbohidrat tersebut utamanya terdiri dari 38,5 persen fruktosa dan 31 persen glukosa. Sisanya, 12,9 persenkarbohidrat yang terbuat dari maltose, sukrosa, dan gula lain. Sebagai karbohidrat, satu sendok makan madu dapat memasok energi sebanyak 64 kalori.

Di dalam madu juga terkandung bermacam-macam enzim dan asam yang sangat penting untuk kehidupan dan aktivitas tubuh manusia, misalnya: enzim amylase, enzim katalase, enzim fosfolirase, dan beberapa enzim lainnya.


Kandungan madu sangat banyak, Adapun macam-macam asam yang terkandung dalam madu adalah: formic acid, lactic acid, atric acid, tartaric acid, oxalid acid asam fosfat, dan asam glukomat.

Di dalam madu juga terkandung hormon-hormon kuat yang berfungsi menggiatkan dan memacu kerja organ-organ tubuh. Karena itu di dalam madu juga terkandung antibioitik yang melindungi manusia dari seluruh penyakit dan membunuh berbagai bakteri dan mikroba.

Telah diketahui pula bahwa di dalam madu terdapat dotorium (hydrogen berat) yang berfungsi sebagai anti kanker.
Khasiat madu telah dikenal sejak jaman Mesir Kuno . Bahkan Ratu Cleopatra telah menggunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikannya.
Selain itu juga madu dipergunakan untuk ramuan pembalseman ( embalming ) untuk mengawetkan Mummi Raja-raja Mesir Kuno.
Tradisi orang Jepang adalah meminum madu setiap malam agar bangun tidur dalam keadaan segar dan sehat.


Salah satu keunikan madu adalah karena madu mengandung zat antibiotik . Hal itu hasil penelitian Peter C Molan ( 1992 ) , peneliti dari Departement of Biological Sciences, University of Waikoto , Selandia Baru. Menurutnya Madu terbukti mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai kuman patogen penyebab penyakit.
  • Menurunkan berat badan Berbeda dengan gula yang tinggi kalori dan lukosa, madu mengandung vitamin dan mineral yag dibutuhkan tubuh. Banyak yang meyakini bahwa madu bisa dijadikan obat alami untuk menurunkan berat badan. Biasanya madu dicampung dengan jus lemon diminum pada pagi hari diyakini bisa menghilangkan selulit. 
  • Madu Baik Untuk Kulit Berjerawat, Yay! Lambaikan tangan Anda pada jerawat sejak Anda bisa mengatasinya dengan madu. Cukup gunakan madu organic yang diusapkan di tangan dan tunggu hingga hangatnya tangan Anda meresap ke madu. Kemudian gunakan di wajah. Tunggu selama lima menit dan bersihkan dengan handuk hangat basah yang lembut. Rasakan sensasinya di kulit Anda.
  • Khasiat  madu untuk Membersihkan Kulit wajah, madu memang memiliki manfaat yang sangat banyak sekali untuk manusia selain khasiat madu untuk pengobatan yang sudah terkenal ternyata manfaat madu yang lain adalah sebagi pembersih wajah alami, kandungan antiseptik dalam madu berperan untuk membunuh bakteri pada kulit wajah anda dan membuat kulit wajah anda tetap sehat. 

  • Memutihkan Wajah, Manfaat madu berikutnya adalah memutihkan wajah. Dengan mengangkat sel kulit mati yang terdapat pada permukaan kulit luar. Bahan yang dibutuhkan 1 sendok makan madu, 1 sendok makan almond, 1 sendok makan oatmeal dan 1 sendok teh air lemon.  
  • Menurunkan kadar glukosa darah, manfaat pertama adalah Mampu menurunkan kadar glukosa darah penderita diabetes karena adanya unsur antioksidan yang menjadikan asimilasi gula lebih mudah di dalam darah sehingga kadar gula tersebut tidak terlihat tinggi. Madu nutrisi kayavitamin B1, B5, dan C dimana para penderita diabetes sangat membutuhkan vitamin-vitamin ini. Sesendok kecil madu alami murni akan menambah cepat dan besar kandungan gula dalam darah, sehingga akan menstimulasi sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin. Sebaiknya penderita diabetes melakukan analisis darah dahulu untuk menentukan takaran yang diperbolehkan untuknya di bawah pengawasan dokter.
  • Perawatan luka, Madu selama berabad-abad telah digunakan untuk perawatan luka dan borok. Madu berisi glukosa dan enzim yang disebut oksidase glukosa. Pada kondisi yang tepat, oksidase glukosa dapat memecah glukosa madu menjadi hidrogen peroksida, zat yang bersifat antiseptik kuat. Madu dalam kemasan tidak dapat melakukan reaksi ini. Untuk menjadi aktif dan mengurai glukosa madu, oksidase glukosa memerlukan lingkungan dengan pH 5,5-8,0 dan natrium. PH madu murni yang berkisar antara 3,2 dan 4,5 terlalu rendah untuk mengaktifkan enzim. Kulit dan cairan tubuh (misalnya darah) memiliki pH relatif tinggi dan mengandung natrium sehingga memberikan kondisi yang tepat untuk pembentukan hidrogen peroksida.
  • Madu Sebagai antibiotik, Setelah ribuan tahun digunakan, khasiat madu sebagai obat luka terungkap secara ilmiah. Madu bekerja sebagai antibiotik alami yang sangggup mengalahkan bakteri mematikan. Madu sangat asam sehingga tidak cocok untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri. Madu menghasilkan hidrogen peroksida yang merupakan anti septik luar biasa. Proses osmosis di dalam madu membasmi bakteri kekentalan madu yang sedikit mengandung air menghasilkan proses osmosis menyerap air dari bakteri pada luka dan luka bakar, tak ubahnya spons menyerap air.
  • Menjaga pertumbuhan janin bagi ibu hamil, Madu mengandung banyak asam folfat yang dapat membantu menjaga pertumbuhan dan perkembangan janin sehingga diharapkan sang janin akan sehat dan tidak mengalami cacat, karena selain banyak mengandung asam folfat, madu dipercaya dapat membantu melancarkan pada saat proses kelahiran, maka dari itu bukan hanya ibu hami saja yang perlu tahu, keluargapun harus sering mengingatkan si ibu karena banyaknya kandungan madu yang penting bagi seorang ibu hamil.
Demikian beberapa kandungan dan khasiat madu
     

0 Response to "Kandungan dan khasiat madu"

Post a Comment