Mengobati penyakit maag

Mengobati penyakit maag

Mengobati penyakit maag - Penyakit maag adalah penyakit yang ditimbulkan oleh kelebihan asam yang diproduksi oleh lambung yang menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung, dalam kondisi normal asam diperlukan untuk membantu pencernaan dalam mengolah makanan yang kita makan.
Penyakit maag bisa datang pada saat penderita tidak tepat waktu makan. Beberapa obat maag banyak bisa anda jadikan pereda maag, tapi inti dari obat ini adalah untuk menetralisir asam lambung sehingga tidak terjadi penumpukan asam lambung pada dinding lambung.

Penyebab penyakit maag

Makanan Goreng
Sebagian besar makanan yang mengandung minyak sangat tinggi sekali lemak yang terkandung. Untuk itu, penyakit maag bisa saja muncul bagi seseorang yang sering mengkosumsi gorengan.
 
Makan Tidak Teratur
Jika anda selama ini makan selalu siang dan tanpa sarapan, atau juga sering makan 1 kali sehari atau menunggu waktunya lapar dapat menyebabkan penyakit ini datang.

Minuman beralkohol
Konsumsi bir, minuman keras, dan wine dapat berpengaruh terhadap naiknya asam lambung. Ada beberapa jenis minuman alkohol yang sifatnya memang tidak terlalu asam, tetapi para ahli menyatakan bahwa alkohol dapat melemaskan saluran di bagian bawah esofagus (yang berhubungan dengan area perut), dan ini dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

Produk olahan susu yang tinggi lemak

Makanan tinggi lemak dapat meningkatkan kadar asam lambung. Sementara, produk olahan susu sendiri sebenarnya sudah bersifat asam. Jadi, ada baiknya Anda mulai berhenti mengonsumsi mentega atau susu yang tinggi lemak apabila sering mengalami gangguan lambung. Atau setidaknya, beralihlah ke yang tanpa lemak.

Daging yang berlemak

Selain kandungan lemaknya yang tinggi, daging sapi, kambing, ataupun domba dapat bertahan lama di dalam perut serta meningkatkan kemungkinan naiknya asam lambung. Oleh karenanya, lebih baik Anda kurangi konsumsinya hingga hanya seminggu sekali. Beralihlah juga ke pilihan daging yang tanpa lemak.

Mengobati penyakit maag

Persiapkan ½ sendok teh  jintan ditambah  ½ ibu jari kencur,  lalu tumbuk hingga benar-benar halus setelah itu diseduh dengan air mendidih kira-kira ¾ gelas, kemudian diminum pada waktu setelah makan. Jika penderita sakit maag ada gejala mengeluarkan darah, segera tidurkan jangan sampai bergerak, beri air susu+air tajin, beri makanan bubur halus dan encer dari sari kacang hijau, kesemuanya jangan dimakan dalam keadaan panas, kompres dulu hatinya dengan air dingin atau es.

 Demikian bebrapa cara mengobati penyakit maag yang bisa saya bagi
 



2 Responses to "Mengobati penyakit maag"

  1. wah aku dah lama kena sakit lambung udah dua tahun belum sembuh total :D

    ReplyDelete